Selamat Datang di Blog Wisata Sangihe bersama saya Stevenly Takapaha, Ayo ke Sangihe Negeri yang penuh dengan Pesona Mari Jaga dan Nikmati Keindahan Alam Sangihe, Lestarikan Kekayaan Budayanya juga nikmat Kulinernya

Pulau Mamanuk

Pulau Memanuk  terletak di antara Pulau Matutuang, dan Pulau Pasir Putih Ehise.. Nama Pulau Memanuk memiliki pengertian yang  oleh penduduk local  disebut Ayam dalam pelukan. Pulau ini disebutkan demikian kemungkinan dikarenakan pulau ini mirip dengan ayam dalam pelukan. Pulau  Mamanuk  tidak memiliki penghuni, namun memiliki  potensi  dijadikan  lokasi pemukiman.


Pada musim – musim tertentu seperti bulan april sampai bulan agustus di pulau ini ramai dengan pemukiman sementara nelayan dengan membangun pemukiman sementara (daseng). Keberadaan nelayan dipulau ini untuk mencari ikan. Pulau Memanuk  ini merupakan lokasi mencari ikan yang memiliki potensi perikanan yang cukup menjanjikan.
Daseng di Pulau Mamanuk Photo by Hapsa Sya


Selain itu Pulau ini memiliki pantai pasir putih yang sangat indah dan luas dan dijadikan sebagai tempat bercengkrama dari nelayan – nelayan dikala melepaskan kelelahan sambil menikmati indahnya pemandangan terbenamnya matahari memasuki peraduannya (SUN SET). Di bidang pertanian dapat dikembangkan tanaman kelapa, pisang dan jeruk ikan, karena vegetasi yang ada saat ini adalah kelapa dan pisang.

Di Pulau Memanuk ini terdapat Monumen Kedaulatan NKRI.
Kedepan Pulau ini bisa dikembangkan sebagai daerah pertumbuhan baru  termasuk sentra perikanan tangkap dan budidaya serta lokasi objek wisata yang potensial.


0 comments: