Selamat Datang di Blog Wisata Sangihe Ayo ke Sangihe Negeri yang penuh dengan Pesona Mari Jaga dan Nikmati Keindahan Alam Sangihe, Lestarikan Kekayaan Budayanya juga nikmat Kulinernya

Pulau Beng Darat

Beng darat adalah salah satu pulau di Kabupaten kepulauan Sangihe termasuk di kecamatan Tabukan selatan tengah.
Pantai di Beng darat Photo by Net.tv
Photo by Jusi Santy Sondang
Pantai di Beng darat Photo by Net.tv
Pulau Beng Darat letaknya agak  dekat dengan Pulau Sangihe (agak kedarat) kalau Beng Laut agak ke laut. Pulau Beng Darat  berada dalam pemerintahan Kampung Beng Darat  yang memiliki  3 lindongan (dusun), setiap lindongan pemukimannya berada di pesisir pantai yang berpasir putih  dan dihiasi terumbu karang jenis jari jari  serta memiliki hutan magrove jenis sesa. 
Anak-anak bermain di dermaga pulau Beng darat. Photo by Net.tv
Photo by Mans Mananohas
Jumlah penduduk Kampung Beng Darat adalah  487 jiwa dengan perincian 253 jiwa laki – laki dan 234 jiwa permpuan.
Jalan Setapak di Beng darat Photo by Net.tv
Semua penduduk kampung Beng Darat menganut kepercayaan Agama Kristen yang taat. Sebagain besar penduduk dikategorikan penduduk prasejahtera. Dibidang pertanian, penduduk disaat tidak mencari ikan mengelola kebun dengan menanan jagung, umbi – umbian dan tanaman sayuran yang dapat tumbuh pada jenis tanah berpasir dan berbatu.

Knjungan Bupati Kab. Kepl Sangihe ke Pulau Beng daratphoto by
Wiesje Abigael Rompis.
Tanaman perkebunan yang ada adalah  Kelapa yang diperkirakan luas arealnya adalah 100 ha. Sebagian besar penduduk berprofesi sebagai nelayan penangkap ikan  yang ulet dan gigih. 
Dermaga Pulau Beng darat. Photo by Net.tv
Di Bidang Kesehatan, telah tersedia  bangunan Puskesmas namun tenaga paramedis sangat – sangat terbatas, tidak memiliki dokter dan perawat yang ada hanya 1 orang bidan. Di Bidang pendidikan, terdapat 1 unit Sekolah Dasar (SD) dengan jumlah 8 Orang dan SMP Satu Atap dengan jumlah Guru 6 Orang. (Ibu Pantas, Bkp Mamadoa, Ibu Besinung, Ibu Milda, Ibu Mamadoa,  Ibu Kariangkamang, dan Kepala Sekolah Ibu M. Taidi). Sumber air bersih berasal dari Sumur, Air Hujan dan Mata Air. Sedangkan Sumber penerangan berasal dari Listrik Tenaga Surya. 

0 comments: