Selamat Datang di Blog Wisata Sangihe bersama saya Stevenly Takapaha, Ayo ke Sangihe Negeri yang penuh dengan Pesona Mari Jaga dan Nikmati Keindahan Alam Sangihe, Lestarikan Kekayaan Budayanya juga nikmat Kulinernya

Pulau Lipang


Pulau Lipang
Pulau Lipaeng (Kampung Lipaeng) terdiri dari 3 Lindongan yang pemukiman masing – masing lindongan berada di pinggiran pantai. Pulau Lipaeng memiliki topografi pantai, dataran sampai perbukitan dengan vegetasi tanaman Kelapa dan tanaman pulau lainnya.
Dermaga Pelabuhan Lipang Photo by Syarta
Letak Pulau Lipaeng berada pada jalur pelayanan Tahuna  - Marore, Jika kita akan mengadakan perjalanan dari Pelabuhan Tahuna  berlayar  menuju Pulau Marore , maka pulau yang akan disinggahi awal oleh Kapal  Motor jenis perintis  KM. Sabuk Nusantara 38 adalah Pulau Lipaeng.
Alat Transportasi angkutan barang dan penumpang yang melayani masyarakat pulau Lipaeng adalah Kapal Motor milik Pelni (Perintis) dan Perahu jenis Pumboat yang berfungsi juga sebagai sarana untuk menangkap ikan.
Pantai Sororai Pulau Lipang Photo by Syarta
Sebagian besar (99 %) masyarakat  Pulau Lipaeng memiliki pekerjaan sebagai nelayan, yang hasil tangkapannya diutamakan untuk konsumsi rumah tangga dan   untuk dijual ke Kota Tahuna. Luas  Pulau Lipang adalah 0,30 Km2,  dengan jumlah penduduk  344 jiwa  ( 109 KK)
Pantai Lantehe Pulau Lipang Photo by Syarta

0 comments: