Selamat Datang di Blog Wisata Sangihe bersama saya Stevenly Takapaha, Ayo ke Sangihe Negeri yang penuh dengan Pesona Mari Jaga dan Nikmati Keindahan Alam Sangihe, Lestarikan Kekayaan Budayanya juga nikmat Kulinernya

Pulau Dokole (Dokore)


Pulau Dokole   dilihat sepintas mirip Tanah Lot Bali, terletak disebelah selatan pulau Kawio dengan jarak  30 mater dari  Pulau Kawio  dan merupakan wilayah Kampung Kawio. Pulau Dokole merupakan pulau batu dengan vegetasi tanaman pulau batu yang hanya terdapat di puncak pulau. Menurut cerita (ada beberapa versi) tentang pulau Dokole, salah satunya yang menyatakan bahwa dipulau ini terdapat kuburan seorang raja. Tetapi setelah dicari tidak terdapat bukti – bukti / bekas bekas  yang mendukung adanya kuburan raja tersebut. Versi lainnya menceritakan bahwa  pulau ini adalah tempat raja  bersantai sehingga ada sebutan Dokore, yang artinya pantai raja.

Ada juga cerita yang menyatakan bahwa pulau ini merupakan tempat keramat untuk penyembahan yang sudah dilakukan turun – temurun. Tahun 2006 Gereja membuat Salib besar dan membuang barang – barang bekas persembahan ke laut walaupun mendapat tantangan dari orang – orang tua. Di Pulau ini ditemukan bekas tempurung, bara, sisa rokok, juga barang kuno seperti  batu gosok dan banyak uang Belanda bertuliskan tahun 1815 maupun uang rupiah.. 

Waktu penggalian untuk menancapkan Salib, banyak ditemukan uang zaman Belanda. Hanya uang yang ada di kotak galian yang dibawah pulang.
Pernah ada perahu Filipina  yang mengambil batu gosok dari pulau itu, dalam perjalanan pulang ternyata perahu  mereka tidak bisa  bergerak, tetap saja berada di Dokore. Namun setelah  batu gosok dikembalikan barulah perahu mereka bergerak meninggalkan Dokore. Siapapun dan dari manapun masyarakat setempat meyakini bila mereka berkunjung ke Dokore dan mengambil sesuatu dari pulau itu akan mendapatkan bencana. Ini merupakan mekanisme tradisonal untuk melindungi suatu. Kepercayaan ini melekat dimasyarakat. Alasan inilah yang dijadikan jawaban bila suatu musibah terjadi. Ya, percaya atau tidak ...........Dengan dibangunanya Salib Kristus di bukit Pulau Dokole, orang lebih banyak menyebutnya sebagai Pulau Doa


Pembuatan jalan dari Kawio ke Pulau Dokole

0 comments: