Selamat Datang di Blog Wisata Sangihe bersama saya Stevenly Takapaha, Ayo ke Sangihe Negeri yang penuh dengan Pesona Mari Jaga dan Nikmati Keindahan Alam Sangihe, Lestarikan Kekayaan Budayanya juga nikmat Kulinernya

Pulau Kemboleng

Pantai di Pulau Kemboleng

Pulau Kawio, Pulau Kemboleng dan Pulau Dokole,  letaknya sangat berdekatan dan berada dalam wilayah Pemerintaan Kampung Kawio. Pulau Kemboleng memiliki penduduk yang berasal dari  Pulau Kawio dan Pulau Marore serta dari daratan Pulau Sangihe. Pulau Kemboleng dulunya  tidak berpenghuni, selain bentuk pulau yang menyerupai ikan Hiu penduduk yang datang di pulau kemboleng ini awalnya hanya untuk mencari ikan  jenis Hiu dan memetik buah kelapa langsung dibuat kopra dengan membangun daseng, namun lama kelamaan penduduk yang datang mulai menetap dan akhirnya menjadi  lokasi pemukiman. 
Pulau Kawio, Pulau Marore dan Pulau Kemboleng

Keadaan / topagrafi pulau ini  mulai dari  daratan yang rata sampai pada perbukitan  dengan vegetasi tanaman kelapa dan tanaman pulau.  Nama Pulau Kemboleng merupakan nama sebutan bahasa daerah Sangihe untuk jenis ikan Hiu yang banyak hidup diperairan / laut disekitar pulau kemboleng khususnya dan kawasan Kepulaun Marore pada umumnya. 
Pulau kemboleng dari Dermaga Marore
 
Dengan demikian Kawasan Kepulauan Marore merupakan habitat dari  ikan hiu. Melihat keadaan dan kondisi Pulau Kemboleng sangat – sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai kawasan pertumbuhan  baru didaerah perbatasan, dengan membangun Resort yang bertujuan menjadi pusat pengembangan didaerah perbatasan.
Pemukiman di Pulau Kemboleng



0 comments: