Selamat Datang di Blog Wisata Sangihe Ayo ke Sangihe Negeri yang penuh dengan Pesona Mari Jaga dan Nikmati Keindahan Alam Sangihe, Lestarikan Kekayaan Budayanya juga nikmat Kulinernya

Pulau Sanggaluhang Sangihe

Photo by page fb SANGIHE
Pulau Sanggaluhang terletak di kawasan pulau para  dan pulau mahengetang. Pulau ini merupakan lokasi penangkapan ikan yang sangat potensial dan menjanjikan.  Sehingga dalam aktifitas untuk melakukan penangkapan ikan dipulau ini, telah dilakukan satu upaya pengelolaan berupa pembagian / jadwal  penangkapan ikan bagi masyarakat yang berada di Kawasan Kecamatan Tatoareng, terutama antara masyarakat nelayan Pulau Mahengetang dengan Pulau Para. 

Pengaturan pembagian untuk melakukan penangkapan ikan di pulau ini dimaksudkan untuk menjaga kelestarian  dan  perlindungan terhadap habitat berkembang biaknya ikan, sebab  dalam waktu – waktu tertentu, lokasi penangkapan ini tertutup untuk masayarakat nelayan untuk melakukan penangkapan.

Pulau Sanggaluhang  saat ini memiliki ciri khas dengan telah dibangunnya monumen Salib Kristus di salah satu tebing yang menonjol agak kelaut.  Di pulau ini memiliki vegetasi  tumbuhan,  seperti  pohon kelapa. Pulau ini tidak memiliki potensi untuk dijadikan pemukiman karena ukurannya yang kecil, namun berdasarkan cerita dari masyarakat yang ada di kawasan kecamatan Tatoareng, bahwa di pulau ini perbah ada beberapa Kepala Keluarga yang tinggal dan bermukim. 

menurut page facebook SANGIHE, Pulau Sanggaluhang. Satu-satunya Kawasan Konservasi Laut yang ditetapkan oleh Bupati pada Tahun 2003. Merupakan salah satu sumber ikan bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kecamatan Tatoareng pada khususnya. Kawasan ini hanya dibuka pada Bulan Juli sampai Bulan Desember untuk penangkapan. Bulan Januari-Juni tidak diperbolehkan melakukan kegiatan penangkapan.

0 comments: