Selamat Datang di Blog Wisata Sangihe Ayo ke Sangihe Negeri yang penuh dengan Pesona Mari Jaga dan Nikmati Keindahan Alam Sangihe, Lestarikan Kekayaan Budayanya juga nikmat Kulinernya

Pulau Mahengetang

Pulau Mahengetang, terletak diselatan pulau kalama. Luas pulau sebagai hasil survei lapangan adalah1.02 km². Angka luas yang tertera dalam buku Badan Pusat Statistik adalah 3.02 km². Secara geografis Pulau Mahengetang terletak pada 03º08’52”LU dan 125º27’08″BT. Penguasaan tanah dipulau ini sama dengan pulau lain, yaitu perorangan diatas tanah negara. Dimasa yang akan datang, ada kemungkinan sebagian penguasaan beralih ke perusahaan, karena di pulau Mahengetang terdapat potensi bahan galian batu apung yang cukup besar. Saat ini batu apung tersebut masih dimanfaatkan oleh penduduk setempat dengan cara tradisional yang dikoordinir.

Anak-anak di Pulau Mahengetang
Jumlah penduduk di Pulau Mahengetang 841 jiwa dengan jumlah Kepala Keluarga 222 dengan kepadatan penduduk 824.50/km². Pada Pulau Mahengetang terdapat 3 desa yaitu Desa Soa, Desa Matiang terdiri dari 3 dusun dan Desa Ngihade. Agama Kristen Protestan adalah agama mayoritas dari penduduk pulau Mahengetang. Dipulau tersebut telah berdiri sebuah gereja GMIST. Mata encariña utama adalah sebagai nelayan. Untuk menambah penghasilan, penduduk Mahengetang berkebun kelapa. Di pulau Mahengetang telah terdapat jalan-jalan yang berupa jalan beton dengan lebar 1-3 meter, Namur masih banyak jalan yang masih berupa tanah yang dipadatkan. Fasilitas pendidikan di Pulau Mahengetang masih kurang, hanya terdapat satu Sekolah Dasar Swasta yaitu SD Gmist. Kebutuhan air tawar dipenuhi dengan adanya sumur-sumur air tawar yang mempunyai koalitas air masih baik. Hal tersebut dikarenakan masih banyaknya tumbuhan-tumbuhan yang dapat melindungi kualitas mata air. Potensi dari hasil perkebunan cukup besar yaitu perkebunan campuran kelapa. Di Pulau Mahengetang terdapat bahan galian batu apung yang cukup besar, dengan cadangan sebesar 240.000m³,merupakan daya tarik untuk investasi.  

Objek Wisata under water "Banua Wuhu"
       
Banua Wuhu
Potensi yang lain yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe adalah potensi pariwisata bahari mengingat Pulau Mahengetang mempunyai pantai yang cukup menarik dan terdapat gunung bawah laut, yaitu Gunung Api Banua Wuhu (under Water Vulcano)  Gunung Api Bawah laut ini merupakan Icon Pariwisata Kabupaten Kepulauan Sangihe. Berbagai Fasilitas telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah, berupa Cottge, MC dan Sarana Transportasi .

0 comments: