Selamat Datang di Blog Wisata Sangihe Ayo ke Sangihe Negeri yang penuh dengan Pesona Mari Jaga dan Nikmati Keindahan Alam Sangihe, Lestarikan Kekayaan Budayanya juga nikmat Kulinernya

Pulau Nitu Kepulauan Sangihe

Pulau Nitu terletak disebelah barat daya pulau Para.   Luas Pulau Nitu, sebagaimana  hasil survei lapangan adalah 0.17 km². Pulau kecil ini dihuni oleh satu keluarga yang terdiri dari 7 (tujuh) KK.  Secara geografis Pulau Nitu terletak pada 03º04’00”LU dan 125º34’30”BT. Penguasaan tanah di pulau Nitu, semua adalah tanah perorangan diatas tanah Negara. Tidak ada tanah yang berstatus lain, karena dipulau Nitu tidak ada fasilitas pendidikan dan kesehatan.   
Pantai di Pulau Nitu Photo by: Ferdy Achi Masuneneng

Data statistik pulau Nitu dikaitkan dengan pulau Para, sebagai pulau induk. Di beberapa laporan maupun peta atau atlas, pulau Nitu biasa disebut dengan pulau Nitus yang mememiliki pengertian  Menyusul atau melihat kembali..Bidang-bidang tanah yang terdapat di Pulau Nitu belum ada yang bersertifikat.
Pantai di Pulau Nitu Photo by: Ferdy Achi Masuneneng

Penggunaan tanah di Pulau Nitu pada umumnya berupa yang terdiri dari perkebunan kelapa, sagu dan nipah. Sebagian kecil digunakan sebagai permukiman

Nitu Island Photo by Mesak Kekasih
Penduduk yang menempati Pulau Nitu hanya 7 Kk yang merupakan masih satu keluarga. Secara administrasi pulau ini masih termasuk bagian desa di Pulau Para.  Mata pencaharian utama adalah sebagai nelayan.  Untuk menambah penghasilan, mereka memanfaatkan kebun campuran disekitarnya untuk kelapa, sagu dan nipah. Pada Pulau ini, Belum ada fasilits sama sekali, baik jalan, pendidikan, kesehatan dan peribadatan.  Hal tersebut dikarenakan penduduknya yang hanya 7 KK. 
Pantai di Pulau Nitu Photo by: Ferdy Achi Masuneneng

Salah satu potensi yang dapat dikembangkan adalah potensi  pantainya yang dipenuhi oleh pasir putih dan air laut yang bening dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi dunia pariwisata, pasir putihnya bagaikan hamparan permadani  yang sangat indah.

Pulau Nitu Photo by Google earth


0 comments: